dokter gigi

Para dokter gigi sering mengatakan bahwa sikat gigi sebelum tidur atau menyikat gigi setidaknya 2 kali dalam sehari akan mencegah gigi berlubang. Saking pentingnya dua kebiasaan ini, para dokter bahkan mendatangi sekolah-sekolah untuk mengedukasi masyarakat tentang hal ini. 

Kontrol gigi ke dokter untuk membersihkan karang gigi setiap 6 bulan sekali juga tidak kalah penting dalam mencegah gigi berlubang dan kita sering mendengar hal ini juga bukan ? 

Hal yang tidak kalah penting dari sekedar kontrol gigi 6 bulan sekali atau menyikat gigi 2 kali sehari adalah mengedukasi masyarakat bahwa datang ke dokter gigi untuk mencegah gigi berlubang. 

Bukan datang ke dokter gigi setelah gigi berlubang atau bermasalah, sebab hal ini akan masuk ke alam sadar dengan persepsi negatif tentang dokter gigi. Orang akan mengasosiasikan dokter gigi dengan cabut gigi dan sakit gigi. Sehingga merasa takut untuk sekedar kontrol ke dokter gigi. Sebuah pekerjaan rumah yang besar bukan ? Sebab ini sudah menjadi budaya dan mengakar di masyarakat. 

Hal lainnya yang jarang diketahui masyarakat dan memang jarang terdengar di telinga masyarakat adalah ternyata kekurangan makan buah dan sayur berpotensi menyebabkan gigi berlubang atau karies gigi. Kaget? Bertanya-tanya apa hubungan sayur, buah dan gigi berlubang ? Ada banyak alasannya, diantaranya : 

  1. Buah-buahan dan sayuran segar membantu merontokkan plak pada gigi
makan sayur dan buah merontokkan plak gigi

Buah-buahan segar dan sayuran yang umumnya bertekstur serat kasar seperti apel, pir, wortel, seledri dan lain sebagainya membantu merontokkan plak pada gigi karena teksturnya yang kasar.

  1. Sayuran dan buah-buahan segar membantu menghilangkan sisa-sisa makanan yang menempel 
Buah-buahan asam memang mengandung banyak nutrisi tapi tidak baik untuk gigi jika dikonsumsi berlebihan

Sayuran dan buah-buahan segar bertekstur kasar dapat membantu menghilangkan makanan yang menempel di gigi jika dikonsumsi setelah makan. Namun, tidak semua buah-buahan baik untuk gigi. Buah-buahan asam walaupun mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, tapi tidak baik untuk gigi jika dikonsumsi berlebihan sebab asam mengikis enamel yang melindungi yang melindungi gigi.

  1. Sayuran dan buah-buahan membantu memperkuat gigi dan mengembangkan rahang
Mengkonsumsi buah-buahan segar yang berserat kasar membantu memperkuat gigi dan mengembangkan rahang

Mengkonsumsi buah-buahan segar yang berserat kasar seperti apel, pir, dan lain sebagainya dalam bentuk utuh atau tidak dipotong membantu memperkuat gigi dan mengembangkan rahang sehingga gigi memiliki tempat cukup luas untuk tumbuh. 

Rahang yang luas tentu baik buat pertumbuhan gigi karena gigi tumbuh dengan baik dan tidak berdesakan. Ketika gigi tumbuh pada rahang yang sempit, umumnya akan membuat barisan gigi tidak rapi karena saling berdesakan satu dengan yang lainnya. 

Gigi yang tumbuh tidak rapi dan saling berdesakan rentang mengalami cavity atau gigi berlubang. Gigi yang tumbuh berantakan akan menyebabkan sisa-sisa makanan yang menyangkut pada gigi tidak terjangkau sikat sehingga tidak maksimal dalam kebersihan gigi. Lama-lama kotoran yang menumpuk ini akan menjadi plak penyebab gigi berlubang.

  1. Buah-buahan dan sayur membantu menstimulasi air liur 
ilustrasi gigi berlubang

Air liur selain bermanfaat membasahi area mulut supaya tidak kering, juga bermanfaat mencegah gigi berlubang. Air liur mengandung  musin saliva, zat yang melindungi mulut dari bakteri penyebab gigi berlubang. Semakin banyak air liur, maka akan semakin banyak musin saliva yang terkandung di dalamnya sehingga mencegah dari gigi berlubang.

  1. Kandungan nutrisi dalam sayur dan buahan-buahan dapat menjaga kesehatan gigi
Kandungan nutrisi dalam sayur dan buahan-buahan dapat menjaga kesehatan gigi

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa di dalam sayur dan buah-buahan mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh. Nutrisi yang terkandung dalam sayur dan buah-buahan selain baik untuk kesehatan tubuh, ternyata juga baik bagi kesehatan gigi. Beberapa nutrisi yang terkandung dalam buah dan sayur-sayuran serta baik bagi tubuh diantaranya polyphenol, kalsium dan vitamin C.

Polyphenol terkandung dalam beberapa buah-buahan dan sayuran diantaranya pepaya, mangga, apel, bayam, kacang kedelai dan lain sebagainya. Polyphenol baik untuk kesehatan gigi karena dapat menghentikan proses pembentukkan plak gigi.

Vitamin C yang terkandung dalam banyak buah-buahan juga sangat baik untuk kesehatan gusi, karena dapat membuat gusi lebih tahan terhadap serangan bakteri. Kalsium juga berperan dalam pembentukkan jaringan keras dalam gigi. 

Nah, sekarang kita tahu bahwa buah dan sayuran tidak hanya baik untuk tubuh, tetapi juga sangat baik untuk kesehatan gigi. Selain mengkonsumsi sayur dan buah-buahan, datanglah ke dokter gigi secara rutin untuk membersihkan karang gigi serta jangan lupa rutin menyikat gigi secara teratur. Jadi, sudah siap untuk gigi yang sehat dan kuat kan ?

referensi:

https://dentistry.uic.edu/news-stories/the-best-foods-for-a-healthy-smile-and-whole-body/

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like