kantor google

Ini salah satu tulisan saya yang di posting di kaskus berjudul “Enak Dan Tak Enak Bekerja di Kantor Google” dan Alhamdulillah masuk dalam daftar hot thread-nya kaskus.  Tapi mengapa tulisan saya ini menjadi hot thread di kaskus ya? Hanya dalam waktu 3 hari sudah mencapai 7000 pembaca! Barangkali penyebabnya adalah google itu sendiri. Saya yakin pembaca pasti fokus pada kata google yang saya ketikkan pada judul. Seandainya itu bukan kantor google, barangkali tidak akan “seramai ini.” 

Kemewahan bekerja di perusahaan google

Apa yang saya soroti dalam tulisan  saya di kaskus ini adalah kekurangan serta kelebihan bekerja di kantor google. Dan ini pastinya juga berlaku di kantor manapun itu, pasti akan selalu ada dua mata sisi uang yang bersebelahan “kekurangan dan kelebihan”. Saya pernah dengar dalam sebuah obrolan bahwa bekerja di kantor informasi teknologi memang penuh kenyamanan dan fasilitas. Namun, obrolan itu hanya sampai disitu sebab imajinasi saya tidak  sampai merajalela “senyaman apa sih?” Atau “semewah apa sih?”

Tak pernah terpikirkan di benak saya betapa nyamannya dan mewahnya bekerja di kantor google sampai saya membuat tulisan tersebut di kaskus. Tak pernah saya tahu bahwa google begitu memperlakukan karyawannya secara istimewa hingga segala kebutuhan karyawannya terpenuhi. Bahkan untuk kebutuhan relaksasi seperti kulkas, tv, playstation, kamar tidur seperti di google Indonesia pun diadakan. Sudah menjadi sebuah keyakinan di antara para petinggi di kantor google bahwa desain kantor akan mempengaruhi kinerja pegawai. 

Segudng kreativitas di kantor google

Sehingga tak heran, kantor google akan dipenuhi aneka macam ruang rekreasi aneka warna, penuh kreatifitas. Fungsi ruang rekreasi ini bisa juga digunakan untuk para pegawai bekerja. Ini berarti para karyawan google diperbolehkan bekerja di ruang manapun yang mereka suka, tidak harus duduk di kursi, dan bisa rapat di ruang manapun mereka mau dengan suasana yang santai, tidak kaku sebagaimana perkantoran formal. Penasaran seperti apa ruangan di kantor google? Siap-siap kaget ya…

kantor google
Kantin di kantor google manhattan, New York
kantor google
ruang meeting kantor google dengan tema hutan
kantor google
ruang santai kantor google
kantor google
ruang ngeband kantor google

Terlepas itu kantor google atau bukan, tidak ada yang sempurna di dunia ini karena kesempurnaan hanyalah milik Allah. Kalimat ini kurang lebihnya juga saya tulis dalam tulisan saya di kaskus dengan nama akun manusiagatek. Saya kira, semakin sebuah perusahaan memberi jaminan yang luar biasa atau kata orang sunda istilahnya “jor-joran” maka akan semakin tinggi tantangannya, mulai dari tuntutan kerja, porsi kerja hingga jam kerjanya. Hanya orang tertentu yang mampu bertahan. 

Tantangan bekerja di kantor google

Bisa dibilang ini adalah curhatan dari para mantan pegawai google dari sebuah forum quora yang tak disebutkan namanya. Apa saja sih tantangannya ? Ah baca saja tulisan saya di kaskus klik. Secara garis besar, saya menyimpulkan tantangan besar di kantor google barangkali akan mampu dihadapi hanya oleh orang-orang tipe workaholic yang fokus pada kesuksesan perusahaan. Pertanyaan besar dari saya: 

  1. Apakah pekerjaan dengan tantangan besar seperti ini dapat diterima keluarga besar anda? Yaitu ketika anda kehilangan banyak waktu bersama keluarga
  2. Apakah mental anda cukup kuat menghadapi persaingan ketat di kantor ? Karena teman kantor anda adalah orang terpilih dengan segudang prestasi dan ide menarik.
  3. Apakah anda tipe workaholic yang bersedia menyerahkan segala pikiran, waktu dan tenaga untuk perusahaan? Sehingga keseimbangan antara kehidupan pribadi dan kehidupan kantor barangkali akan bergeser dan lebih dominan untuk kantor. 

Mampu? Jika semua jawabannya anda iyakan, maka selamat anda cocok menjadi karyawan di kantor google. Eh, tapi tidak segampang itu loh bekerja disana sebab kabarnya para karyawan disana adalah orang-orang terbaik dari universitas terbaik di dunia. 

Sumber gambar

https://banjarmasin.tribunnews.com/2017/12/19/dari-google-sampai-twitter-yuk-intip-menu-kantin-5-perusahaan-terbesar-di-dunia-ini?page=all

https://inet.detik.com/fotoinet/d-3850914/penampakan-kantor-google-terkeren-di-dunia/3

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like