Sudah tahu belum ? Mencurahkan perasaan atau yang terkenal dengan istilah curhat dapat menyelesaikan setengah dari masalah seseorang. Pasalnya, mencurahkan isi hati dapat menyelesaikan mental block yang sedang dialami seseorang atau dengan kata lain menjaga kesehatan mental. Bagaimanapun seseorang akan merasa lebih plong perasaan dan pikirannya setelah ia mengekspresikan semua keluh kesahnya.

Bagi sebagian besar orang curhat memang penting dan perlu, tetapi kamu harus tetap memperhatikan kepada siapa kamu curhat. Sebab, sebagian orang yang mau mendengarkan curhatan kita bukan berarti dia peduli, melainkan karena penasaran dan menjadikannya bahan gosip.

Bersikap bijaksana mengenai tempat curhat adalah penting, sebab bisa saja curhatan kamu malah menjadi konsumsi publik. Nah, sebagai bahan pertimbangan perhatikan 6 daftar tempat curhat terbaik seperti di bawah ini : 

  1. Orangtua yang bijak akan selalu memberi cara pandang yang bijak
CURHat
Orangtua yang bijak akan selalu memberi cara pandang yang bijak (pexels.com/Kaysha)

Orangtua yang bijaksana biasanya juga memiliki cara pandang positif. Jika kamu galau dengan berbagai permasalahan, berceritalah kepada orangtuamu dan minta masukan. Sebab, dengan dengan usia biologis yang jauh lebih lama dari kamu, yakinlah orangtuamu memiliki segudang pengalaman. Jangan lupa mintalah doa darinya supaya urusanmu lancar selalu. 

  1. Curhat online sudah menjadi hal biasa di era digital ini
CURHat
ilustrasi curhat online (pexels.com/Cottonbro)

Bagaimana dengan curhat online ? Kamu pernah mencobanya ? Sekarang ini, curhat online dalam bentuk forum dari komunitas-komunitas yang berbasis online sedang digandrungi. 

Pengikutnya sangat banyak dan antusias. Sisi positif dari curhat online ini adalah kamu akan mendapat masukan yang beragam dari berbagai pengalaman para member forum sehingga akan menambah pengetahuanmu.

Sedikit saran untukmu, jangan menggunakan akun dengan nama aslimu, gunakan nama samaran dan jangan terlalu jelas menyebutkan identitas diri atau orang lain. Sebab, jika identitasmu atau orang-orang yang kamu sebut terbongkar, ini bisa jadi aib buatmu.

Kamu tak ingin kan masalahmu jadi konsumsi publik ? So, bijaklah menggunakan akses internet. 

  1. Sahabat terbaikmu akan menjadi salah satu tempat terbaik untuk curhat
CURHat
curhat pada teman yang paling dipercayai (pexels.com/This is Zun)

Jika kamu memiliki banyak sahabat, maka pilihlah salah satu yang paling bijak dan paling dewasa sebagai tempat curhatmu. Bukan tidak percaya sahabat lainnya, tetapi yang kamu butuhkan adalah solusi dan jiwa yang tenang. Sahabat yang bijaksana dan dewasa dapat memberikan keduanya kepadamu. Sehingga, selain jiwa yang lebih tenang dalam menghadapi masalah, kamu akan mendapatkan pula solusi.

Juga, jika pasanganmu adalah teman terbaik bagimu yang sangat bijaksana dan paham dirimu. Maka, tidak ada salahnya juga curhat padanya.

  1. Berkeluh kesah dalam doamu ketika kamu diterpa banyak cobaan
CURHat
ilustrasi berdoa (Pexels.com/Anna Tarazevich)

Manusia sangat beragam dalam menghadapi cobaan dan karenanya tempat mereka mengekspresikan rasa sedih, gundah gulana dan hati tidak karuan saat butuh tempat curhat bisa berbeda. Jika ada orang yang nyaman bercurhat ria dengan sahabat, orang tua, paman, bibi, kakak, adik dan lain-lainnya maka ada juga loh orang yang lebih nyaman curhat dalam doanya. 

Sebab curhat adalah obat untuk jiwa, maka kamu pun perlu mengekspresikannya walau lewat doa. Kamu tahu, Tuhan adalah tempat terbaik ketika kamu butuh tempat curhat. IA tak akan membocorkan rahasiamu, IA mendengarkanmu dan IA akan memberikanmu solusi, mungkin tidak saat ini tetapi di waktu yang tepat. 

  1. Menulis dapat menjadi terapi bagi jiwa
CURHat
menulis dapat menjadi terapi bagi jiwa yang labil (pexels.com/Monstera)

Menulis dalam buku diary memang sudah menjadi tren sejak zaman dahulu, khususnya di kalangan remaja putri. Masa remaja adalah masa dimana situasi emosimu labil dan sangat membutuhkan sarana mengekspresikan perasaan, tapi jangan sampai buku harianmu dibaca orang lain ya. Bahkan, menurut penelitian menulis dapat menjadi terapi bagi jiwa yang dilanda sedih luar biasa hingga depresi. 

Pun, jika kamu senang menulis novel, bisa kamu jadikan kisah sedihmu sebagai inspirasi tulisan. Siapa tahu novelmu dilirik penerbit, laris manis di pasaran dan suatu hari bahkan diadaptasi menjadi film. Toh, sudah banyak film yang diadaptasi dari novel. 

  1. Kamu bisa berkonsultasi pada tenaga profesional seperti psikolog
Kamu bisa berkonsultasi pada tenaga profesional seperti psikolog
ilustrasi psikolog (pexels.com/Cottonbro)

Ada keuntungan yang bisa kamu raih ketika berkonsultasi pada psikolog. Yaitu, selain perasaanmu lebih lega, profesional seperti psikolog menguasai ilmu yang berhubungan dengan manusia sehingga mereka dapat memberi pandangan-pandangan berdasarkan keilmuan yang dimilikinya. 

Dari 6 poin diatas, biasanya kamu curhat dimana ? Gimana  ? Merasa lebih baik setelah curhat ?  

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like