cantik

Sebuah lagu berjudul  Beautiful yang dibawakan dengan apik oleh grup vokal wanita Cherrybelle dengan lirik  “…You are beautiful, beautiful, kamu cantik, cantik dari hatimu.…” memberi definisi cantik tidak sekedar tampilan fisik, melainkan  inner beauty yang mencakup hati atau jiwa  yang bersih.

Sebagaimana yang juga diungkapkan Audrey Hepburn, seorang aktris berkebangsaan Inggris  “The beauty of a woman is not in a facial mode but the true beauty in a woman is reflected in her soul.” Yaitu, kecantikan seorang wanita tercermin dari jiwanya, bukan wajah yang menarik.

Begitupun definisi cantik dari berbagai negara yang mencakup suku, budaya, ras dapat memiliki banyak arti dari berbagai sudut pandang. Namun, bagaimana dengan definisi cantik dari sudut pandang psikologi? Tidak penasaran ? Cek yuk!! 

  1. Wanita cantik adalah wanita yang murah senyum
cantik
wanita cantik murah senyum ( pexels.com/Kat Smith )

Bagi wanita senyum adalah tanda keramahtamahan, pertemanan, kehangatan dan hal lainnya yang bersifat interaksi sosial. Karena senyum bagi wanita adalah sebuah interaksi sosial, maka sering wanita tersenyum kepada siapa saja, termasuk melemparkan senyum kepada lawan jenis. 

Namun, menurut penelitian pria cenderung menerjemahkan senyuman wanita kepadanya sebagai tanda ketertarikan seksual, sebab pria cenderung lebih tertarik terhadap seksual daripada wanita. Hasil penelitian lainnya tentang senyum adalah daya tarik seseorang lebih terpancar ketika sering tersenyum sebab ekspresi wajah positif meningkatkan ketertarikan terhadap seseorang. 

Dari sudut pandang psikologi sosio-kultural, pria menyukai wanita yang murah senyum sebab dari sudut pandang pria wanita yang murah senyum nampak rapuh dan memiliki sifat penurut. Sebaliknya, wanita lebih menyukai pria yang nampak “cool” “bad boy” daripada pria yang ramah dan murah senyum sebab dari sudut pandang wanita, pria semacam ini nampak lebih maskulin. 

  1. Wanita yang suka tertawa menarik perhatian pria
cantik
tertawa bikin kamu cantik ( pexels.com/Andrea Piacquadio )

Penelitian menunjukkan fakta bahwa pria menyukai wanita yang tertawa mendengar leluconnya. Sebaliknya, wanita juga menyukai pria yang dapat membuatnya tertawa. 

Senada dengan ini, penelitian lainnya yang melibatkan banyak relawan membuktikan bahwa pria cenderung pandai  membuat lelucon sedangkan wanita cenderung menghargai lelucon orang lain. 

  1. Wanita cantik adalah wanita dengan make up tipis
cantik
cantik dengan make up tipis (pexels.com/Anderson Guerra )

Sebuah penelitian Quarterly Journal of Experimental Psychology yang melibatkan responden pria dan wanita dan menunjukkan beberapa foto wanita dengan berbagai tingkat ketebalan make up kepada para responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa para responden pria dan wanita setuju wanita dengan make up tipis lebih menarik. Sementara itu, selama ini banyak wanita yang mengaplikasikan make up tebal pada wajahnya karena dianggap lebih menarik dan lebih disukai pria.

  1. Wanita yang responsif jauh lebih menarik
cantik
wanita yang mampu mendengarkan pria dianggap cantik ( pexels.com/Faxels )

Lagi-lagi menurut penelitian, bahwa wanita yang responsif jauh lebih menarik dimata pria sebab dia tahu apa yang dipikirkan atau dirasakan dan mau mendengarkan pria. Wanita yang responsif dipahami pria sebagai wanita yang feminim dan karenanya lebih menarik dimata pria. u

  1. Wanita baik selalu menarik dimata pria
cantik
ilustrasi wanita baik ( pexels.com/ Julia M Cameron )

Menurut penelitian, orang-orang yang menarik secara fisik juga akan dianggap memiliki kepribadian yang baik. Juga, menurut penelitian terbaru bahwa orang-orang yang berkepribadian baik secara sosial meningkatkan  ketertarikan fisik. Sehingga orang-orang yang baik kepribadiannya akan dianggap menarik secara fisik. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like