bilangan bulat

Bilangan bulat sekarang ini sudah masuk pada kurikulum anak SD, walaupun di zaman saya sekolah materi ini masuk ke dalam wilayah kurikulum anak SMP. Tapi sudahlah, itulah tuntutan anak sekolah zaman sekarang di Indonesia dan bukan wilayah saya membahas kurikulum sekolah.

Materi bilangan bulat ketika saya SMP bisa dikatakan materi yang sulit bagi kami kala itu, tapi karena kami memiliki guru matematika yang hebat dia memberi kami trik khusus agar mudah mengerjakannya. Disini saya akan membagi trik yang dahulu pernah diajarkan guru matematika saya sewaktu SMP. Harapan saya semoga saja trik yang akan saya share ini bermanfaat bagi guru-guru matematika di sekolah dasar. Juga bermanfaat bagi orangtua yang kesulitan mengajarkan anaknya materi bilangan bulat.

Sebelumnya, sudah pada tahu kan bilangan bulat terdiri dari bilangan bulat positif dan negatif. Oke kita mulai ya…

Pertama, anggaplah lambang negatif (-) sebagai hutang dan lambang positif (+) sebagai bayar hutang. Sehingga jika ada soal matematika seperti ini :

-5 +2 = … akan dibaca hutang 5 dibayar 2 sama dengan ….

Seandainya seseoran punya hutang 5 dan baru dibayar 2 artinya dia masih memiliki hutang 3 (ingat, hutang disimbolkan dengan negatif atau (-) ).

Sehingga jawaban dari -5 + 2 = – 3

PAHAM KAN?? APA BELUM ?

Contoh 2 materi bilangan bulat

-7 + 5 =… akan dibaca hutang 7 dibayar 5 sama dengan …

Seandainya seseorang punya hutang 7 dan baru dibayar 5 artinya dia masih memiliki hutang 2 (ingat, hutang disimbolkan dengan negatif atau (-) ).

Sehingga jawaban dari -7 + 5 = -2

-7 + 8 = …. akan dibaca hutang 7 dibayar 8 sama dengan…

Seandainya hutang 7 lalu dibayar 8 artinya hutang lunas dan malah kelebihan 1 kan ? (ingat, lunas disimbolkan dengan positif atau (+) ).

sehingga jawaban dari -7 + 8 = + 1 atau cukup ditulis 1

Rumus-rumus yang perlu diingat !!

Contoh 3

(-5) x (-5)= 25 karena ===> (-) x (-) = (+)

(-6) x 5 = (-30) karena ===> (-) x (+) = (-)

(- 7) : 1 = (- 7) karena ===> (-) : (+) = (-)

(-8) : (-8) = 1 karena ===> (-) : (-) = (+)

Sekian dari saya, semoga bermanfaat ya dan jangan lupa selalu latihan soal supaya bisa, sebab kunci matematika adalah selalu berlatih soal-soal. Good luck !!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like